BERBAGAI HAL TENTANG BELUT

1 . Pengertian Belut Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Suku ini terdiri dari ...


1. Pengertian Belut
Belut adalah sekelompok ikan berbentuk mirip ular yang termasuk dalam suku Synbranchidae. Suku ini terdiri dari empat genera dengan total 20 jenis. Jenis-jenisnya banyak yang belum diperikan dengan lengkap sehingga angka-angka itu dapat berubah. Anggotanya bersifat pantropis (ditemukan di semua daerah tropika). Belut suka memakan anak-anak ikan yang masih kecil. Biasanya hidup di sawah-sawah, di rawa-rawa/lumpur dan di kali-kali kecil. Di Indonesia sejak tahun 1979, belut mulai dikenal dan digemari, hingga saat ini belut banyak dibudidayakan dan menjadi salah satu komoditas ekspor.Sentra perikanan belut Internasional terpusat di Taiwan, Jepang, Hongkong, Perancis dan Malaysia. Sedangkan sentra perikanan belut di Indonesia berada di daerah Yogyakarta dan di daerah Jawa Barat. Di daerah lainnya baru merupakan tempat penampungan belut-belut tangkapan dari alam atau sebagai pos penampungan. 
2. Morfologi
Secara taksonomi, belut termasuk kedalam Kelas Pisces, akan tetapi ciri fisiknya sedikit berbeda dengan Kelas Pisces lainnya. Tubuh belut hampir menyerupai ular, yaitu gilig (silindris) memanjang, tidak bersisik, hanya dilapisi kulit yang hampir mirip dengan plastik. Kulit belut berwarna kecoklatan, mulut dilengkapi dengan gigi-gigi runcing kecil-kecil berbentuk kerucut dengan bibir berupa lipatan kulit yang lebar di sekitar mulut . Belut merupakan hewan karnivora, oleh karena itu memiliki lambung yang besar, palsu, tebal, dan elastis. Panjang tubuhnya mencapai 90 cm. Belut hidup di perairan dangkal dan berlumpur, tepian sungai, kanal, serata danau dengan kedalaman kurang dari 3 meter. Belut di habitat aslinya hidup pada media berupa 80% lumpur dan 20% air (Roy 2009).
Belut sawah ( Monopterus albus)

3. Klasifikasi Belut
Klasifikasi belut (Monopterus albus) menurut Saanin (1968) adalah sebagai berikut:
Kingdom  : Animalia
Filum        : Vertebrata
Kelas        : Pisces
Sub kelas : Teleostei
Ordo         : Synbranchoidea
Famili        : Synbranchoidae
Genus        : Monopterus
Spesies      : Synbranchus bengalensis Mc clell (belut rawa); Monopterus albus Zuieuw (belut sawah); Macrotema caligans Cant (belut kali/laut).
 Jenis belut ada 3 (tiga) macam yaitu belut rawa, belut sawah dan belut kali/laut. Namun demikian jenis belut yang sering dijumpai adalah jenis belut sawah. 
3. Reproduksi Belut
Belut beraktivitas pada malam hari (nocturnal) dan cenderung bersembunyi di lubang atau di celah-celah tanah liat. Belut memangsa berbagai jenis serangga dan merupakan predator bagi berbagai jenis hewan kelas ikan, cacing cacingan, siput, dan hewan kecil yang hidup di perairan (Roy 2009). Belut termasuk hewan hemaprodit protogini, yaitu sebutan bagi ikan yang mengalami masa hidup sebagai betina pada awalnya dan kemudian berubah menjadi jantan. Belut memiliki kelenjar kelamin (gonad) yang mampu melakukan proses diferensiasi, dari fase betina ke fase jantan. Kelamin belut saat muda adalah betina namun ketika berumur 9 bulan (fase dewasa) belut akan mengalami pergantian kelamin menjadi jantan (Bahri 2000).
Belut yang masih muda memiliki gonad, testes dan ovarium, setelah jaringan ovariumnya berfungsi dan dapat mengeluarkan telur, kemudian terjadi masa transisi yaitu membesarnya jaringan testes dan ovariumnya mengecil. Belut yang telah tua, telurnya telah tereduksi sehingga sebagian besar gonadnya terisi oleh jaringan testes (Effendie 1997).
http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/5590 /BAB%20II%20Tinjauan%20Pustaka.pdf?sequence=2
4Komposisi Gizi Belut
Komposisi gizi belut (Monopterus albus) tidak kalah jika dibandingkan dengan sumber protein hewani lainnya. Belut memiliki kandungan protein, lemak, mineral, dan vitamin terutama vitamin A yang tinggi. Belut mengandung energi sebesar 303 kilokalori, protein 14 gram, karbohidrat 0 gram, lemak 27 gram, kalsium 20 miligram, fosfor 200 miligram, dan zat besi 1 miligram.  Selain itu di dalam Belut juga terkandung vitamin A sebanyak 1600 IU, vitamin B1 0,1 miligram dan vitamin C 2 miligram.  Hasil tersebut didapat dari melakukan penelitian terhadap 100 gram Belut, dengan jumlah yang dapat dimakan sebanyak 100 %.

Nama Bahan Makanan : Belut
Nama Lain / Alternatif : Paling
Banyaknya Belut yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Belut yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Belut = 303 kkal
Jumlah Kandungan Protein Belut = 14 gr
Jumlah Kandungan Lemak Belut = 27 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Belut = 0 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Belut = 20 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Belut = 200 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Belut = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Belut = 1600 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Belut = 0,1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Belut = 2 mg
Khasiat / Manfaat Belut : - (Belum Tersedia)
Huruf Awal Nama Bahan Makanan : B
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Hasil Penelitian Lain Pada Belut :

Nama Bahan Makanan : Belut Air Tawar
Banyaknya Belut Air Tawar yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Belut Air Tawar yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Belut Air Tawar = 82 kkal
Jumlah Kandungan Protein Belut Air Tawar = 6,7 gr
Jumlah Kandungan Lemak Belut Air Tawar = 1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Belut Air Tawar = 10,9 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Belut Air Tawar = 390 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Belut Air Tawar = 533 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Belut Air Tawar = 1,3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Belut Air Tawar = 0 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Belut Air Tawar = 0 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Belut Air Tawar = 0 mg

Nama Bahan Makanan : Belut Air Laut
Banyaknya Belut Air Laut yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Belut Air Laut yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 100 %
Jumlah Kandungan Energi Belut Air Laut = 93 kkal
Jumlah Kandungan Protein Belut Air Laut = 12,8 gr
Jumlah Kandungan Lemak Belut Air Laut = 1,5 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Belut Air Laut = 6,1 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Belut Air Laut = 60 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Belut Air Laut = 199 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Belut Air Laut = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Belut Air Laut = 171 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Belut Air Laut = 0,06 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Belut Air Laut = 0 mg

Keterangan :
Riset/penelitian pada Belut yang berbeda bisa menghasilkan perbedaan hasil yang didapat karena berbagai faktor yang mempengaruhi.
http://keju.blogspot.com/1970/01/isi-kandungan-gizi-belut-komposisi-nutrisi-bahan-makanan.html

 Tabel Perbandingan Kandungan Gizi antara Belut, Telur dan Daging Sapi
http://budidayaikanbelut.blogspot.com/2011/09/pemanfaatan-ikan-belut.html

5. Khasiat dan Manfaat Belut
  1. Sumber energi dan protein.
  2. Protein belut kaya akan beberapa asam amino, yaitu leusin, lisin, asam aspartat dan glutamate yang diperlukan untuk pertumbuhan anak.
  3. Kaya akan mineral dan vitamin yang diperlukan tubuh untuk mencegh anemia gizi.
  4. Zat besi yang berguna sebagai pembentuk hemoglobin darah yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  5. Mengandung vitamin A yang diperlukan tubuh untuk pertumbuhan, penglihatan dan proses reproduksi.
  6. Mengandung vitamin B yang diperlukan bagi otak agar berfungsi normal membentuk protein, hormon, dan sel darah merah.
  7. Belut memiliki kadar asam glutamat yang tinggi, sehingga ketika memasaknya tidak diperlukan lagi MSG karena rasa dari belut itu sendiri sudah tinggi. http://www.serbacinta.com/2012/05/manfaat-dan-khasiat-belut.html 
  8. Kandungan arginin (asam amino non-esensial) pada belut dapat memengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang populer dengan sebutan human growth hormone (HGH). HGH ini yang akan membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Hasil uji laboratorium juga menunjukkan bahwa arginin berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.
  9. Belut juga kaya akan fosfor. Nilainya dua kali lipat fosfor pada telur. Tanpa kehadiran fosfor, kalsium tidak dapat membentuk massa tulang. Karena itu, konsumsi fosfor hares berimbang dengan kalsium, agar tulang menjadi kokoh dan kuat, sehingga terbebas dari osteoporosis. Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat umumnya (sekitar 80 persen) berada dalam tulang dan gigi.
6. Ekologi Belut
Secara ekologi, belut dapat dijadikan indikator pencemaran lingkungan karena hewan ini mudah beradaptasi. Lenyapnya belut menandakan kerusakan lingkungan yang sangat parah telah terjadi. Belut adalah predator ganas di lingkungan rawa dan sawah. Makanannya ikan kecil, cacing, krustasea. Ia aktif di malam hari. Hewan ini dapat mengambil oksigen langsung dari udara dan mampu hidup berbulan-bulan tanpa air, asalkan lingkungannya tetap basah. Hewan ini bahkan mampu menyerap oksigen lewat kulitnya. Kebiasaaannya adalah bersarang di dalam lubang berlumpur dan menunggu mangsa yang lewat. Walaupun berasal dari daerah tropika, belut sawah diketahui dapat bertahan hidup melewati musim dingin dengan suhu sangat rendah. Kombinasi sifat-sifat yang dimiliki belut membuatnya menjadi hewan yang dianggap berbahaya bagi lingkungan yang bukan habitatnya. http://id.wikipedia.org/wiki/Belut_sawah
 
 7. Bebagai Masakan dari Belut
RESEP MAKANAN BELUT UNTUK BALITA SEHAT 
Belut memiliki gizi dan nutrisi yang penting bagi BALITA (Bayi Lima Tahun), selain itu memiliki khasiat dan manfaat yang banyak untuk kesehatan Manusia. Daging Belut memiliki rasa yang enak jika digoreng dengan bumbu spesial dan dimasak Sop atau Sup. Bagi Ibu-ibu cobain deh resep belut di bawah ini yang dilengkapi dengan cara mudah bikin sendiri di rumah :

RESEP BELUT GORENG ENAK UNTUK BALITA

BAHAN :
  • 1 kg belut
BUMBU :
  • 3 siung bawang putih
  • 1 potong kecil jahe
  • 1 sdm ketumbar
  • 2 sdm air jeruk nipis
  • garam secukupnya
CARA MEMBUAT BELUT GORENG ENAK :
  1. dibersihin plus dipotong, minta sama penjual untuk ngeprek tulang belutnya biar agak hancur. dirumah dibersihin lagi karena biasanya masih ada sisa perutnya belut yang belum bersih.
  2. kemudian dilumuri garam untuk mengurangi lendir belut. Terus dicuci lagi sampai bersih.
  3. semua bahan diulek sampai halus dan dicampur air jeruk nipis, kemudian belut dilumuri dengan bahan yang telah diulek tadi. Diamkan selama 15 menit baru digoreng
  4. waktu menggoreng minyak harus panas dan jangan sering dibolak balik ntar belutnya hancur.
  5. kalau untuk anak-anak sebaiknya digoreng jangan terlalu kering karena kalau terlalu kering daging belut menjadi keras atau garing.
RESEP SOP BELUT ENAK

BAHAN :
  • Daging belut
  • Perasan jeruk nipis
  • Wortel diiris tipis
  • Daun bawang & seledri dipotong panjang
  • Bawang putih cincang
  • Margarin untuk menumis
  • 1 ruas jahe dikeprek
  • Garam & gula
CARA MEMBUAT SOP BELUT ENAK :
  1. Daging belut yg sudah dicuci bersih dilumuri garam & jeruk nipis, diamkan sebentar lalu cuci bersih.
  2. Rebus air, tumis bawang putih sampai harum masukan kedalam rebusan air bersama jahe.
  3. Cincang daging belut, masukan kedalam air yg sudah mendidih, masak hingga daging belut berubah warna.
  4. Masukan wortel, daun bawang & seledri, garam & gula matangkan.
  5. Sop siap disajikan bersama bubur. aneka-makanan-indonesia-terbaru.blogspot.com/2012/03/aneka-makanan-indonesia-resep-masakan_11.html
RESEP MASAKAN BELUT BUMBU KECAP PEDAS

Bahan:
  1. 450 gram belut ukuran sedang, potong 2
  2. Minyak untuk menggoreng dan menumis
  3. 4 siung bawang putih, cincang halus
  4. 6 butir bawang merah, cincang halus
  5. 1 butir bawang bombay, cincang kasar
  6. 50 gram cabai merah kering, iris halus
  7. 50 ml air
  8. 50 gram kacang mete, goreng
  9. 2 sdm kecap manis
  10. ½ sdt garam
  11. 1 sdt merica bubuk
  12. Penyedap jika suka
  13. 1 sdm saus tiram
  14. 1 sdt kecap asin
  15. 2 sdm kecap manis
Cara Membuat Resep Masakan Belut Bumbu Kecap Pedas:
  1. Panaskan minyak dalam wajan, goreng belut sampai matang. Angkat.
  2. Tumis bawang putih, bawang merah, bawang bombay, cabai merah kering sampai harum. Beri air dan biarkan mendidih.
  3. Masukkan belut, kacang mede, garam, merica, kaldu, saus tiram, kecap asin, kecap manis. Aduk. Masak sampai mengering. Angkat. http://kreasiresepmasakan.blogspot.com/2012/12/resep-makanan-belut-untuk-balita-sehat.htm
  STIEK BELUT
Bahan Membuat Stiek Belut:
  • 500 g belut, haluskan
  • 1 sdm mentega
  • 1 btg daun bawang, iris halus
  • 3 siung bawang putih, haluskan
  • 3 btr bawang merah, haluskan
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 1/2 sdt pala bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula pasir
  • 1 sdt minyak wijen
  • 3 lbr roti tawar tanpa kulit, sobek-sobek dan rendam dalam 100 ml susu cair
  • 100 g tepung maizena
  • 2 btr telur kocok lepas
  • 100 g tepung tempura
  • 500 ml minyak goreng
Cara Membuat Steak Belut:
  1. Campur belut, daun bawang, bawang putih, dan bawang merah, aduk rata. Tambahkan merica, pala dan garam. Aduk rata.
  2. Masukkan kocokan telur, minyak wijen, gula pasir, dan rendaman roti tawar. Aduk rata. Tuang adonan ke dalam cetakan datar yang telah diolesi mentega.
  3. Kukus hingga matang. Angkat dan dinginkan. Potong bentuk panjang dengan ukuran 1,5×10 cm hingga menyerupai stik.
  4. Gulingkan ke dalam campuran tepung maizena, kemudian celupkan ke dalam kocokan telur, lalu gulingkan di atas tepung tempura.
  5. Panaskan minyak, goreng hingga kuning keemasan. Angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat.

Untuk 4 porsi

Nilai gizi per porsi:
Energi: 384 Kkal
Protein: 16,9 g
Lemak: 30,3 g
Karbohidrat: 10,1 g http://www.resepkomplit.com/aneka-resep-stik-steak-belut.html
KRIPIK BELUT
Resep Keripik Belut
1kg belut upayakan jangan ukuran yang terlalu besar
300 gram tepung terigu
100 gram tepung beras
9 siung bawang putih
3 sendok makan ketumbar
1 butir telur
5 cm kunyit
garam dan air secukupnya

Cara membuat
  • Bersihkan isi atau jeroan dari belut hingga benar-benar bersih
  • Haluskan bumbunya yaitu bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam
  • Campurkan tepung dengan bumbu halus dan tambahkan air secukupnya kira-kira jangan terlalu encer
  • Panaskan minyak untuk menggoreng dengan api agak kecil
  • Celupkan belut kedalam adonan tepung yang sudah dibuat hingga merata, kemudian goreng hingga matang dan garing. http://kiostips.blogspot.com/2013/02/cara-membuat-kripik-belut-gurih.html

COMMENTS

Name

Biohexa Herbal,1,Biohexa Product,2,Featured,1,Tips Herbal,3,
ltr
item
Biohexa Herbal: BERBAGAI HAL TENTANG BELUT
BERBAGAI HAL TENTANG BELUT
https://4.bp.blogspot.com/-HujKRKeJrQE/UXJa1MCjmFI/AAAAAAAAAG8/1HrxhJtDYII/s200/DSCN0104.JPG
https://4.bp.blogspot.com/-HujKRKeJrQE/UXJa1MCjmFI/AAAAAAAAAG8/1HrxhJtDYII/s72-c/DSCN0104.JPG
Biohexa Herbal
http://www.biohexa.com/2015/05/berbagai-hal-tentang-belut.html
http://www.biohexa.com/
http://www.biohexa.com/
http://www.biohexa.com/2015/05/berbagai-hal-tentang-belut.html
true
7304210857916924694
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy